JURNAL YUOKY

Beranda » Ekonomi » Tips & Trik Agar Penjualan Online Shop (Ol-shop) Meningkat

Tips & Trik Agar Penjualan Online Shop (Ol-shop) Meningkat

41605_273807284946_998725_n

Logo Perusahaan Cahaya Community dan Rafky Collection

Sekarang ini mulai menjamurnya berbagi macam olshop (online shop) membuka peluang besar bagi para mahasiswa, pelajar atau siapapun untuk mulai belajar berwirausaha. Berbagai macam alasan yang diutarakan dan kebanyakan alasan tersebut membantu keuangan keluarga atau tidak ingin menyusahkan orang tua.

Namun banyak yang belum mengerti membuat sebuah olshop bukanlah perkara mudah. Memang pada dasaranya kita hanya butuh alat – alat yang dapat kita berkomunikasi dengan pelanggan kita seperti gadget, smartphone, tablet maupun yang lainnya. Selain itu kita juga harus mengerti juga dengan beberapa aplikasi yang ditanam di dalam alat – alat tadi sehingga semua menjadi multifungsi.

Tidak hanya itu saja kita sebagai owner olshop juga kita harusnya mengerti adanya aturan – aturan yang harus kita pegang berdasar dari konsep kita dalam membuat olshop itu, sehingga kita dapat menjadi olshop yang dapat dipercaya oleh pelanggan kita dan pelanggan juga merasa terlindungi.

Lebih jauh lagi ketika terdapat suatu permasalahan kita harus menyelesaikan dengan kepala dingin bukan dengan arogansi kita sebagai pemilik. Tetap saja kita sebagai pemilik bertanggung jawab apabila terjadi suatu permasalahan menyangkut produk – produk olshop kita tersebut.

Di bawah ini akan coba saya jelaskan kiat – kiat meningkatkan penjualan produk – produk yang kita miliki tadi

  1. Brosur

Pembuatan brosur merupakan faktor pendukung dalam meningkatkan penjualan produk kita. Dalam pembuatan brosur tersebut kita menyertakan foto – foto produk kita, spesifikasi produk, cara pemakaian, tanggal daluwarsa (expired date), nomor registrasi dari sebuah instansi yang memberikan rujukan terhadap produk kita dan data – data lain yang menguatkan produk kita tersebut.

  1. Website

Memiliki sebuah website memudahkan kita untuk memasarkan produk kita dikarenakan pelanggan kita dapat melihat semua produk – produk yang kita jual atau kita tawarkan pelanggan kita tanpa kita harus menjelaskan kembali detail produk kita.

  1. Media Sosial / SOSMED

Media sosial yang ada saat sekarang ini sangat mendukung penjualan produk kita karena sesuai dengan perkembangan yang ada sekarang media sosial berperan sangat besar namun ada beberapa yang belum menggunakannya. Ini sangat berperan apabila kita belum memiliki sebuah website. Media sosial yang dapat digunakan untuk mengiklankan atau menawarkan produk – produk olshop kita seperti:

  1. Instagram
  2. Path
  3. Pinterest
  4. Tumblr
  5. Facebook Fanspage
  6. Google+ dan laman bisnis google
  7. Twitter
  8. Line
  9. Linkedin
  10. Blog

Semua media sosial ini sebisa mungkin ada tautan link antar satu dengan yg lain dengan kata lain antara satu media sosial dengan yang lainnya saling berhubungan ini akan mempermudah anda dalam melakukan promosi

  1. Keterbukaan Informasi

Memberikan informasi yang jelas tentang produk tersebut kepada pelanggan dan tidak menutupi apa yang menjadi kekurangan dari produk tersebut. Membuat perbandingan dengan produk lain dengan dasar yang nyata dan tidak menjatuhkan produk pembanding tersebut. Kejujuran dalam sebuah usaha akan sangat dihargai oleh pelanggan.

  1. Menjalin Hubungan

Kebanyakan olshop jarang menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dalam pemikiran bahwa pelanggan yang telah membeli produk tersebut dianggap tidak akan terjalin hubungan kembali. Disini kita harus hati – hati karena dengan hilangnya jalinan hubungan yang baik dengan pelanggan maka kita juga akan terkena dampak kehilangan berpuluh, berates bahkan beribu pelannggan.

  1. Service

Service atau layanan pelanggan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan penjualan online, kalau toko online menerapkan service yang tidak memuaskan, seperti lambat memberikan respon, bisa dipastikan penjualan akan sulit di dapat, hal ini karena pelanggan yang tidak puas akan membeitahu teman-temanya agar tidak belanja di toko tersebut, sebaliknya kalau toko online mempunyai pelayanan pelanggan yang baik, maka dengan sendirinya pelanggan yang puas akan dengan senang hati merekomendasikan toko online tersebut, jadi intinya jangan sampai menerapkan service yang buruk.

  1. Melakukan Promosi

Membuat paket – paket produk yang bertujuan agar costumer membeli produk kita lebih dari satu produk.

  1. Petunjuk pembelian yang tidak jelas

Jangan sampai calon pelanggan kebingungan ketika akan melakukan order hanya karena petunjuk pembelian tidak jelas. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan detail, apa yang harus dilakukan.

  1. Pembayaran

Kita harus menjelasakan bagaimana tata cara pembayaran yang harus dilakukan pembayaran terhadap produk yang telah mereka pesan juga konfirmasi pembayaran tersebut.

  1. Pengiriman

Jelaskan juga dengan detail bagaimana pengiriman produk yang telah dipesan tadi dengan detail dan lakukan konfirmasi langsung kepada pelanggan dengan menyertakan bukti yang kongkrit.

  1. Alamat / kontak

Berikan alamat / kontak kita kepada pelanggana yang jelas untuk mempermudah pelanggan berkomunikasi langsung dengan kita

Mungkin beberapa hal ini dapat anda lakukan untuk meningkatkan penjualan olshop anda. Mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: